Thursday 3 July 2014

Mengisi Tinta Secara Manual pada Cartridge Canon IX6560

Printer Canon IX 6560 adalah printer middle class. Printer ini sangat mudah ditemukan dengan harga yang relatif murah di kelasnya. Kita bisa membelinya dengan kisaran harga 2 jutaan.

Selain bisa digunakan untuk melakukan tugas pencetakan di kertas biasa (Folio, A4 dan Kwarto/Letter) printer ini juga bisa digunakan untuk mencetak pada ukuran kertas A3. Untuk mencetak warna, kualitas yang ditawarkan printer inipun sangat bagus. Si IX 6560 bisa mencetak foto berwarna dengan kecepatan 36 detik. Waktu yang relatif cepat. Daya cetak cartridge adalah maksimal 7000 lembar per bulan.

Masalah yang biasa kita temui pada printer ini adalah hanya pada daya tampung tinta yang kecil sehingga kita mungkin harus sering2 membeli cartridge printer ini. Cartridge bawaan ada 5 tabung (CLI-726BK/Hitam, CLI-726C/Cyan, CLI-726M/Magenta, CLI-726Y/Yellow, PGI-725BK/Black). Harga cartridge asli untuk PGI-725BK hampir 200 ribuan. Harga yang lumayan mahal.

Untuk mengatasi ini mungkin kita bisa membuat infusan dari cartridge bawaan. Atau bila tidak ingin repot2 membuat infusan ya beli aja infusan. Sekarang sudah banyak koq yang jual infusan untuk printer ini. Namun, saran saya adalah isi ulang saja cartridge bawaan secara manual. Dijamin lebih hemat dan mudah. Yang kita harus lakukan adalah cara konvensional dengan membuat lubang untuk kita isi ulang tiap-tiap tabung cartridgenya.

Siapkan pin atau paku yang biasa digunakan pada styrofoam untuk menempelkan sesuatu dan tentu saja cartridge asli yang sudah habis tintanya. Kemudian siapkan jarum suntikan yang telah diisikan tinta khusus canon kurang lebih 1/3 kapasitas suntikan kecil (Berapa ukurannya ya?).

Saya ambil contoh untuk pengisian cartridge PGI-725BK.

Buatlah lubang pada cartridge tepat di bawah hurup B. Kemudian tusuk suntikan berisi tinta tadi. Beres dah..

Kemudian masukan cartridge kembali pada slot di printer. Maka printer pun langsung mendeteksi apabila cartridge telah terisi. Namun, biasanya ink level monitor tetap menunjukkan bahwa tinta cartridge kosong. Abaikan saja. Performan kadang menipu.. hehee..

Setelah cover ditutup maka lampu indikator akan terus berkedip-kedip. Hal ini biasa karena tadi printer mendeteksi bahwa cartridge dalam keadaan masih kosong. Untuk mengatasinya mudah. Tekan saja tombol resume/lampu yang berkedip2 tadi kurang lebih 5 detik.

Eng ing eng.. printer siap digunakan kembali.

Untuk mengisi tabung lainnya, kurang lebih sama dengan metoda di atas. Lubang dibuat tepat di bawah tulisan di tengah2 tabung bagian atas.

Selamat mencoba!!

1 comment :