Thursday 17 April 2014

Kereta Singa Barong

Kereta Singa Barong merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih terdapat di museum keraton Kasepuhan. Konon kereta yang dibuat oleh pengeran Panembahan Losari pada abad ke 14 ini merupakan kendaraan Kesultanan Keraton Kasepuhan termasuk Sunan Gunung Jati.

Kereta Singa Barong

Menurut Sultan Sepuh XIII, kereta singa barong dibuat dengan sempurna, dan dianggap oleh para pemerhati kereta-kereta kerajaan dari Negeri Belanda, kereta Singa Barong memiliki keunikan tersendiri. Keunikan dan keistimewaan yang dimiliki kereta singa barong adalah teknik pembuatan arsitekturnya tidak jauh beda dengan kendaraan modern di masa sekarang. Misalnya, alat kemudi kereta ini memiliki sistem hidrolik dengan memakai bahan-bahan kayu dan baja. “Kereta singa barong memiliki suspensi yang sangat nyaman. Hingga pada saat digunakan kereta ini sangat nyaman untuk ditumpangi. Dengan sistem suspensi ini, Sultan yang menaiki kereta tidak akan merasakan goncangan saat roda kereta menapaki jalan yang rusak,” papar Beliau.

Selain itu, roda kereta singa barong diciptakan secara stabil yang disesuaikan dengan suspensi yang dimiliki kereta. Roda kereta dibuat menonjol keluar dari jari-jari rodanya guna menghindari cipratan air pada saat kereta melaju di jalan basah. “Kereta ini dianggap para pengamat internasional sebagai kereta milik keraton yang diciptakan secara sempurna dibanding dengan kereta-kereta milik keraton lain di dunia,” tutur Sultan Arief . Pada masa kesultanan dulu, kereta Singa Barong ditarik dengan empat ekor kerbau putih (Kebo bule). Biasanya, kereta ini dipergunakan kesultanan untuk mengunjungi wilayah-wilayah kekuasaan keraton, dan kerap digunakan sebagai kendaraan kesultanan ke luar daerah.

Duplikat Kereta Singa Barong

Namun, saat ini kereta singa barong sudah tidak dipergunakan lagi. Saat ini kereta disimpan di museum milik keraton. Biasanya, kereta dikeluarkan satu tahun sekali yang bertepatan dengan peringatan 1 syawal yang hanya dikeluarkan untuk dibersihkan saja. Adapun kereta yang kerap dipergunakan untuk acara-acara festival keraton nusantara adalah duplikat kereta singa barong. Kereta duplikat itu juga, saat ini disimpan satu ruangan dengan kereta singa barong yang aslinya.

No comments :

Post a Comment