Monday 2 June 2014

Liburan Hemat di Bali

Siapa bilang liburan ke Bali mahal? Saya mau sedikit share pengalaman saya sewaktu liburan ke Bali.

Bulan Desember 2013, saya iseng menawarkan kepada istri saya untuk berlibur di Bali. Istri saya tersenyum dan bilang kalo liburan di Bali itu mahal. Yang menjadi pertimbangan bagi istri saya adalah dengan tabungan yang kita miliki, gak mungkin bisa nyampe kesana. Awalnya memang saya ragu. Apalagi, meskipun pernah kesana dulu waktu KKL, kalo untuk berangkat sendiri belum terpikirkan bagaimana caranya.

Tapi sayapun masih iseng mencari - cari info tentang liburan ke Bali.

Yang pertama saya lakukan adalah membrowsing otak, siapa tahu ada kenalan di BPW. Cari tahu berapa sih sebenarnya paket ke Bali itu. Dari beberapa sumber, saya memperoleh beragam informasi tentang harga paket liburan ke Bali, tergantung objek yang dituju dan lama tinggal. Teman saya, seseorang yang menjalankan sebuah BPW di Cirebon menawarkan paket liburan seharga 4 juta perorang, termasuk tiket pesawat, penginapan dan trip selama disana. Kalau dikalkulasikan, biaya untuk saya, istri dan anak saya (umur 3 tahun, setengah harga) jumlahnya adalah 10 juta. Masih terlalu mahal buat saya.

Dan, akhirnya kami kesampaian juga untuk berlibur disana selama 3 hari 2 malam dengan biaya yang relatif murah. Saya memutuskan untuk "ngeteng" membeli jasa secara terpisah tanpa diatur oleh BPW. Saya hanya harus membeli tiket pesawat dan hotel/penginapan sendiri. Kemudian mencari jasa lokal untuk mengantar kami ke tempat wisata selama di Bali. Cara ini ternyata lebih murah dan jauh lebih hemat.

Berikut rincian total biaya yang saya keluarkan untuk bertiga (saya, istri dan anak usia 3 tahun):
  1. Tiket pesawat (Air Asia) Rp. 2.400.000,  : Tiket yang didapat yaitu tiket promo.
  2. Paket Trip 2 hari Rp. 2.100.000,- : Jasa ini saya peroleh hasil browsing di internet. Paket yang diambil adalah tour Pura Uluwatu di hari pertama dan tour ke kintamani di hari kedua.
  3. Penginapan 2 malam Rp. 400.000,- : Untuk penginapan, saya mendapatkannya dari situs online. Ternyata dapat yang promo di Legian Village Hotel.. Lumayan hotelnya 150 meter dari Pantai Legian.
Total yang dikeluarkan kurang dari 5 juta.. ya dengan oleh2 saya hanya mengeluarkan sampai 6 juta rupiah.. 60% dari harga yang ditawarkan oleh BPW. Sebenarnya biaya bisa lebih ditekan lagi jika saya rental mobil. Tapi opsi ini saya abaikan karena akan lebih repot untuk mencari makanan yang halal, apalagi ini pengalaman pertama saya mengatur semuanya. Kalau nanti dapat kesempatan liburan di Bali lagi, saya pasti akan ambil opsi rental mobil.
 
Aftershow di Garuda Wisnu Kencana
Pose di GWK

Wannabe Photographer
Dreamland
Dreamland
Cuci mata di Dreamland
Dreamland
Pose dulu di Dreamland
Scene from Uluwatu Temple
Pose di Pura Uluwatu
Pura Tirta Empul
Pura Tirta Empul
Pura Tirta Empul
Kintamani Resto
Rumah Kopi Gratisan
Cafe di Jimbaran
Morning at Legian Beach


1 comment :

  1. Keren artikelnya..bermanfaat buat aku yg suka liburan.. thx ya..mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/gowes-pesona-nusantara-sabang-hingga-magelang/

    ReplyDelete